Obat Tradisional Amandel


Anda tentu sudah pernah mendengar penyakit amandel, atau bahkan anda, anak anda atau keluarga anda pernah mempunyai atau sedang mengalami sakit ini. Sebenarnya apakah amandel itu, dan apakah ada obat tradisional untuk amandel ini? Berikut kami tuliskan sebuah artikel tentang salah satu manfaat atau khasiat dari kunyit, yaitu sebagai obat tradisional penyakit amandel.  


Amandel adalah peradangan pada tonsil atau sering disebut juga tonsillitis. Tonsil berbentuk oval, terletak di belakang tenggorokan pada masing – masing sisi tenggorokan. Tonsil berfungsi sebagai pusat pertahanan tubuh dari serangan infeksi bakteri dan virus. Sebagai salah satu pusat pertahanan tubuh, tonsil seringkali mengalami peradangan dan pembengkakan yang disebut sebagai amandel. Tonsil dianggap sebagai barisan pertama sistem pertahanan tubuh terhadap bakteri dan virus yang masuk ke mulut. Fungsi inilah yang dapat membuat tonsil sangat rentan terhadap infeksi dan peradangan. 
 
Menurut dr. Ariani Dwi Widodo, SpA dalam www.tanyadokteranda.com, radang amandel dapat disebabkan oleh virus maupun bakteri bahkan kuman lain. Kalau disebabkan oleh bakteri paling banyak disebabkan oleh streptokokus sehingga diperlukan antibiotik. Namun jika disebabkan oleh virus, ada juga kemungkinan terinfeksi sekunder oleh bakteri. Streptokokus adalah kuman berbentuk bulat yang dapat menginfeksi semua bagian tubuh, namun sering menimbulkan masalah di tenggorokan. Masalah dengan streptokokus antara lain, karena ada orang yang sangat sensitif sistem pertahanan tubuhnya terhadap streptokokus. Hal ini dapat mengakibatkan gangguan jantung atau ginjal hanya karena kulit atau tenggorokan terinfeksi oleh streptokokus. Bila berat dan tidak dapat diatasi dapat mengakibatkan gagal jantung atau gagal ginjal. 
 
Oleh karena itu hal ini tidak bisa dibiarkan terus menerus, harus ada penanganan untuk penyembuhan total tentang amandel. Berikut salah satu ramuan obat tradisional penyakit amandel yang berasal dari bahan utama kunyit.


Bahan : rimpang kunyit ½ jari, 2 sdm air, 1 butir telur ayam kampung, sedikit air kapur sirih.
 
Cara penggunaanya : rimpang kunyit ½ jari dicuci hingga bersih, kemudian diparut dan tambahkan 2 sdm air. Aduk sampai merata lalu diperas dan ambil sarinya. Air perasanya ditambah dengan 1 butir kuning telur ayam kampung dan sedikit air kapur sirih. Adonan dikocok merata lalu diminum. Lakukan 1-2 kali sehari.

Silahkan dicoba semoga Allah Subhanahu wata'ala memberikan kesembuhan bagi anda tanpa harus operasi melalui usaha minum obat tradisional dari kunyit ini. 




Share your views...

0 Respones to "Obat Tradisional Amandel "

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger