Obat-obatan yang beredar di pasaran terkadang menimbulkan berbagai efek samping. Padahal  alam sudah menyediakan berbagai macam obat alami dari bahan-bahan di sekitar kita. Hanya saja terkadang kita tidak menyadarinya. Mari kita beralih kepada pengobatan yang alami dan pastinya ramah lingkungan.

Inilah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit ringan:

1. Batuk 
Batuk bisa dihilangkan dengan mengkonsumsi madu sebanyak 2 sendok teh. Madu mengandung zat antibiotik yang dapat menghambat dan melawan berbagai kuman penyakit di dalam tubuh. Bisa langsung diminum atau dicampur air.

2. Panas Dalam dan Gangguan Pencernaan
Selain bisa dikomsumsi dalam bentuk minuman segar, cincau dapat digunakan sebagai obat penurun panas dalam dan gangguan pencernaan. Ini dikarenakan berbagai kandungan seperti kaborhidrat, kalsium, fosfor, vitamin (A,B1,C) dan air yang cukup banyak.

3. Sakit Gigi
Kangkung bisa mengobati sakit gigi. Kangkung memiliki berbagai sifat kimia yakni sebagai anti racun, mengobati radang dan dapat menenangkan. Caranya rebus segenggam akar kangkung dengan satu air gelas dan setengah sendok teh cuka. Setelah mendidih, airnya dapat digunakan untuk berkumur.

4. Sakit Kepala Dan Masuk Angin
Untuk penyakit ini, bisa dengan menggunakan jahe. Jahe diparut, kemudian direbus dan diminum airnya sebanyak 1-2 cangkir setiap hari. Jahe mengandung zat thromboxane A2 yang dapat memperlancar aliran darah.

5. Sariawan
Ambil dua helai daun sirih, kemudian di rebus. Rebusannya dipakai berkumur untuk membersihkan bakteri digigi dan di mulut, sekaligus meredakan sakit. Bakteri akan hilang dalam waktu relatif cepat karena kandungan anti oksidannya yang tinggi.

6. Flu atau Pilek
Mengantisipasi dan mengobati flu dapat dengan mencampur beberapa bahan berikut. Air rebusan jahe dicampur  dengan jeruk nipis dan madu. Lezat dan segar.

7. Bengkak atau Memar
Untuk tubuh yang bengkak atau memar, khususnya bagian luar bisa dengan daun sirih. Caranya: bersihkan kulit kemudian daun sirih yang sudah tua dilayukan di atas api. Selagi masih hangat, tempelkan dibagian yang memar. Kandngan fenol, zat antiseptic yang tinggi di dalam sirih mampu membunuh kuman dengan efektif.