Manfaat Buah Kelengkeng untuk Obat Tradisional


Buah kelengkeng adalah salah satu buah tropis yang hidup sangat subur di Indonesia, terutama di dataran tinggi. Buah kelengkeng berasal dari daratan asia tenggara. Buah ini mempunyai ciri bergerombol, mempunyai kulit buah berwarna cokelat muda sampai kehitaman dengan permukaan agak berbintil-bintil dengan daging buah yang berair dan bening serta berasa manis sekali. Perlu anda ketahui ternyata kelengkeng juga bisa dijadikan obat tradisional pengganti obat modern. 

Daging buah lengkeng mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, vitamin A, vitamin B, asam tartarik dan senyawa-senyawa kimia tumbuhan (fitokimia) lainnya yang berguna bagi kesehatan.Buah lengkeng berguna pula menyehatkan usus dan memperbaiki proses penyerapan makanan, melancarkan buang air kecil, mengatasi cacingan, mengobati sakit kepala, keputihan dan hernia. Sedangkan akar pohon lengkeng berkhasiat sebagai peluruh kencing dan melancarkan sirkulasi darah. Daun dari pohon lengkeng berkhasiat sebagai antiradang dan peredam demam. 

Adapun bijinya berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan menghentikan pendarahan. Karena bijinya mengandung senyawa saponin yang dapat menghasilkan busa dalam jumlah banyak, maka juga dimanfaatkan sebagai bahan pembuat shampo pencuci rambut.




Share your views...

0 Respones to "Manfaat Buah Kelengkeng untuk Obat Tradisional"

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger