5 Kebiasaan buruk yang membuat gendut

Menurunkan berat badan dan menjaganya agar tetap stabil dapat membawa pengaruh positif bagi kesehatan Anda. Namun, bukan berarti Anda harus melakukan diet ketat yang pada akhirnya menyakiti diri sendiri. Berikut adalah lima kebiasaan buruk yang membuat gendut, seperti dilansir Livestrong.

1. Tidak minum cukup air

Minum jumlah air yang tepat untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan, mulai dari kulit, tulang, sendi, sistem pencernaan, memori dan fungsi otak. Selain itu, dengan tetap terhidrasi, Anda dapat mengontrol berat badan berlebih. Kelelahan adalah salah satu gejala awal dari dehidrasi ringan, yang sering disalahartikan sebagai perasaan lesu karena lapar.

2. Kurang protein

Orang yang mengonsumsi terlalu banyak asupan kalori akan sulit menurunkan berat badan. Apalagi jika konsumsi protein tidak tercukupi. Tubuh menggunakan protein dapat mengolah energi dua kali lebih banyak seperti halnya karbohidrat dan lemak, yang berarti ketika Anda makan protein, tubuh Anda akan benar-benar membakar lebih banyak kalori.

3. Terlalu banyak mengonsumsi kalori cair

Kalori cair sering datang dalam bentuk minuman beralkohol. Kebiasaan buruk ini harus Anda batasi untuk mencegah terjadinya lonjakan berat badan. Kalori yang masuk ke tubuh Anda dalam bentuk cair sering tidak membuat kita merasa kenyang, meski sebetulnya itu mengandung banyak kalori.

4. Kurang tidur

Alasan di balik kurang tidur dapat mempengaruhi berat badan adalah hormon, khususnya leptin dan ghrelin. Penelitian terpisah yang dilakukan oleh University of Chicago dan Stanford University menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan penurunan tingkat leptin dan meningkatkan kadar ghrelin. Kadar ghrelin yang tinggi dapat menstimulasi nafsu makan, sementara leptin yang rendah membuat Anda merasa tidak puas setelah makan, sehingga Anda merasa mudah lapar.

5. Melewatkan sarapan 

Sarapan yang sempurna menggabungkan karbohidrat kompleks dengan protein dan sedikit lemak sehat. Kebiasaan buruk melewatkan sarapan membuat kebanyakan orang merasa sangat lapar di siang hari. Hal itu membuat mereka mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat. 

Hindari lima kebiasaan tidak sehat ini untuk menjaga berat badan tetap normal. Kenaikan berat badan bukan hanya masalah cantik atau tidaknya tubuh Anda. Namun lebih kepada risiko kesehatan yang Anda tanggung akibat kenaikan berat badan yang berlebihan.




Share your views...

0 Respones to "5 Kebiasaan buruk yang membuat gendut"

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger