Obat Pasca Operasi Caesar


Hari hari pertama pasca operasi caesar adalah masa masa sulit bagi seorang ibu, karena pada masa ini hal hal kecil sekalipun seperti berguling, tertawa, batuk, menarik nafas dalam dalam dan gerakan lainnya akan menimbulkan rasa nyeri.
Penyembuhan luka sayatan pasca operasi caesar tergolong susah susah gampang, kenapa?. Karena jika seorang ibu yang ceroboh atau tidak mengikuti petunjuk dokter dengan baik , jahitan pada bekas sayatan bisa terbuka kembali,dan harus melakukan operasi lagi untuk menjahit luka tersebut.
Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:
  1. Luka jahitan pada bekas operasi caesar biasanya dapat sembuh setelah 7-10 hari dan disarankan untuk tidak terkena air. Setelah waktu itu sah-sah saja mandi atau terkena air. Kecuali ada indikasi medis tertentu yang membuat luka tersebut belum boleh terkena air. Konsultasikan lagi hal ini dengan dokter anda.
  2. Pemulihan kekuatan tubuh dan penyembuhan luka pasca operasi caesar membutuhkan asupan nutrisi seimbang. Terutama protein hewani, seperti daging dan telur atau susu. Silahkan makan apapun yang anda mau. Asalkan tidak memiliki riwayat alergi makanan tertentu. Dan hindari pola makan berpantang ya :)
  3. Penyembuhan total sebuah luka minimal membutuhkan waktu mulai 3 hingga 2 tahun. Tergantung keadaan luka, perawatan, serta asupan gizi yang didapat oleh tubuh.
Tips diatas saya dapat dari penjabaran seorang bidan, namun menurut Dr. A. Sigit Tjahyono, Sp.B, Sp.BTKV, seorang ahli kesehatan ada 3 macam Prinsip Penyembuhan Pasca Operasi Caesar yaitu:
  • pertama adalah proses initial (lage phase) phase permulaan. Proses ini memerlukan waktu antara hari ke-3 sampai hari ke-7.
  • kedua adalah Proses phase proliferasi yang memerlukan waktu antara hari ke-8 sampai hari ke-14.
  • Sedangkan phase ketiga adalah phase remodelling yang memerlukan waktu antara hari ke-14 sampai lebih dari hari ke-21.
Bayangkan selama 21 hari atau lebih seorang ibu harus menjaga luka pasca operasi caesar tersebut tetap steril untuk menghindari infeksi, karena luka seperti ini sangat rawan sekali terjadi infeksi. 21 hari itu bisa saja bertambah jika benar benar terjadi infeksi. Butuh kesabaran, ketelatenan dan usaha yang besar untuk menyembuhkan luka bekas operasi caesar.

Lalu apa Yang Harus Dilakukan Untuk Menyembuhkan Operasi Caesar dengan Cepat?

Banyak Orang menyarankan ini lah, itu lah, obat operasi sesar ini lah itulah, metode cara cepat menyembuhkan operasi caesar inilah itulah, atau yang lainnya.Namun tahukah anda, Ekstrak teripang sangat membantu dalam hal ini. Bahkan Seorang yang bernama Suci Nurhayati mengatakan dengan mengkonsumsi ekstrak teripang jelly gamat luka bekas operasi sesarnya keringdalam 7 hari. Hal ini berbanding terbalik dengan 2 operasi sesarnya yang  membutuhkan waktu sampai 7 bulan dalam proses penyembuhannya. Sungguh Menakjubkan.

Alasan jelly gamat ampuh untuk mempercepat penyembuhan pasca bedah caesar

Menurut dr. Zen Djaja MD, Dokter di Malang, Jawa Timur, JELLY GAMAT baik diberikan kepada perempuan hamil. Itu lantaran senyawa aktif dan kandungan gizi teripang yang sangat lengkap. Prof Zaiton Hassan, peneliti dari Departemen Ilmu Pangan Universitas Putra Malaysia mengatakan teripang mengandung asam miristat, palmitat, almitoleat, stearat, oleat, linoleat, arakhsidat,eicosapentaenat, behenat, erusat, dan docosahexaenat.
Asam lemak itulah yang berperan terhadap pemulihan luka operasi. Kandungan asam eicosapentaenat (EPA) dan asam docosahexaenat (DHA) relatif tinggi, masing-masing 25,69% dan 3,69%. Tingginya kadar EPA menandakan kecepatan teripang memperbaiki jaringan rusak. Kandungan kolagen dalam ekstrak teripang mempercepat penyembuhan luka dalam dan luar setelah pembedahan seperti akibat operasi caesar yang di jalani Suci (baca testimoni di bawah).
Karena teripang cepat memulihkan daya tahan tubuh, makanya para nelayan di negeri jiran mengkonsumsinya sebelum melaut. Di lautanyang berombak ganas, daya tahan tubuh mereka tetap terjaga. Kondisi serupa dialami Suci yang 3 kali menjalani operasi caesar. Lukanya mengering hanya dalam sepekan. Padahal, luka 2 operasi caesar sebelumnya yang ia jalani baru sembuh setelah 7 bulan.




Share your views...

0 Respones to "Obat Pasca Operasi Caesar"

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger