Luka Bakar


Menghilangkan Luka Bakar | Luka bakar adalah luka yang terjadi dan mengakibatkan rusak/hilangnya jaringan. penyabnya yaitu berupa tersengat listrik , terbakar , radiasi , zat kimia dan lain-lain. untuk menghilangkan luka bakar itu sendiri tergantung dari kulit yang terbakar parah atau tidak . jika sampai terjadi kerusakan pada pembuluh darah , otot , dan tulang itu akan menjadi hal yang sangat menakutkan dalam menghilangkan luka bakar itu. itu karena rusaknya sistem syaraf pada tubuh. Banyak yang trauma akibat hal ini , tetapi tidak usah khawatir karena lambat laun luka itu akan hilang jika rajin mengobati .

Cara Menghilangkan Luka Bakar

Dan berikut ada beberapa cara untuk menghilangkan bekas luka bakar :

1. Dengan menggunakan minyak zaitun . Minyak Zaitun bisa menghilangkan luka bakar meski memerlukan waktu yang lama, caranya oleskan minyak pada bekas luka secara rutin . Dengan demikian luka sedikit demi sedikit akan memudar . lakukanlah setiap setelah mandi dan sebelum tidur.

2. Minyak Lavender , caranya sama seperti minyak zaitun dioleskan pada bekas luka bakar.

3. Pakai kayu cendana atau disebut juga pasta dari kayu cendana . caranya buatlah pastanya terlebih dahulu terbuat dari kayu cendana dan air mawar merah. lalu bersihkan luka bakar , kemudian oleskan pasta tadi, sedikit ribet memang menghilangkan luka bakar dengan cara ini.

4. Menggunakan madu , karena madu memiliki banyak khasiat selain menghilangkan luka bakar juga dapat menyamarkan luka bakar yang ada ditubuh kita.

5. memijat luka bakar dengan menggunakan minyak kelapa . obat luka bakar ini dapat menyamarkan luka bakar.

6. Mengolesinya dengan daun mint , caranya yaitu terlebih dahulu cuci daun mint hingga bersih lalu haluskan . setelah halus , oleskan pada luka bakar .

7. Gosokkan bawang putih pada luka bakar juga bisa. , karena bawang putih berkahasiat untuk menghilangkan luka bakar.

8.Konon Daun pare juga dapat menghilangkan luka bakar , tapi belum diketahui  kebenarannya secara pasti .

9. Juga bisa menggunakan jelly gamat , sebuah obat herbal yang terbuat dari ekstrak binatang yang disebut teripang yang tinggalnya didasar laut . dipercaya dapat menyembuhkan segala macam penyakit .

Dari semua cara yang disebutkan diatas nomor 9 lah yang paling direkomendasikan, karena dari cara 1 sampai 8, selain proses penyembuhannya yang lama, caranya pun cukup rumit, terutama bagi orang sibuk atau orang yang tidak mau sibuk.

Mengapa Memilih Jelly Gamat Untuk Menghilangkan Luka Bakar


Isi Kandungan kolagen yang terkandung dalam Gamat  / Teripang Emas akan menyumpal bagian permukaan kulit yang tergores, termasuk keriput serta kulit bekas luka atau jerawat. Demikian Juga dengan Sel-sel kulit yang mati akan terangkat dan dengan cepat akan digantikan oleh tumbuhnya sel-sel baru.
Menurut dr Dendi Sudiono, SpKK, spesialis kulit dan kelamin, ‘Untuk menghilangkan luka bakar diperlukan bahan-bahan yang mengandung banyak kolagen. Sejatinya kulit kita mempunyai senyawa kolagen. Senyawa itu terbentuk dari jaringan serabut elastin dan serabut kolagen. Keduanya bahu-membahu, saling mengisi, dan membuat keras serta kencang lapisan kulit bagian atas. Selain itu, kolagen juga menyumpal bagian permukaan kulit yang tak merata, termasuk keriput serta kulit bekas jerawat. Ataupun sebab Luka lainnya.

Namun, seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh menurun. Pada awal usia 30 tahun,inilah sebabnya mengapa pada usia lanjut menghilangkan luka bakar atau luka lainnya lebih susah.Produksi kolagen menurun drastis. Dampaknya matriks kolagen kulit menjadi rentan terhadap serangan lingkungan luar dan mudah rusak. Makin sedikit jumlah kolagen, kulit tampak transparan dan kurang elastis. Akibatnya banyak garis penuaan dan kerutan. Ini bisa dicegah. Oleh karena itu untuk mencegah kerutan, banyak orang menggunakan kolagen. Lewat teknik penyuntikan, bagian tubuh yang menua diisi kolagen. Hasilnya, kulit menjadi kencang dan tampak muda kembali.

Keampuhan ekstrak teripang untuk menghilangkan luka bakar amat sohor di Malaysia. Dr Yakob Hasaan dari Universitas Malaya membuktikannya. Neneknya pernah menjalani operasi leparaktomi alias pengambilan kulit perut di bagian tengah. Darah terus mengalir dari bekas sayatan dan luka kian meluas. Setelah meminum air rebusan teripang selama seminggu, luka sepanjang 15 cm itu kering serta perih pun hilang. Dan ini benar-benar terjadi.

Lantaran penasaran, Hassan membawa rebusan teripang ke laboratorium di Kualalumpur, Malaysia. Ahli farmakologi klinis itu membuat percobaan. Tiga kelompok kelinci masing-masing terdiri atas 5 ekor disayat hingga menimbulkan luka sepanjang 10 cm. Luka sayat pada kelompok pertama diolesi air rebusan teripang; kelompok II, yodium; kelompok III, tanpa perlakuan. Air rebusan teripang dan yodium diberikan 3 kali sehari. Dua hari berselang, luka kelompok pertama mengering; kedua tetap basah; ke-3, terinfeksi.

Menurut Prof Zaiton Hassan dan M. A Kaswandi dari Universitas Kebangsaan Malaysia, efek menghilangkan luka bakar itu juga lantaran kandungan asam lemaknya. Kandungan asam lemak teripang Stichopus chloronotus antara lain miristat, palmitat, palmitoleat, stearat, oleat, linoleat, arakhsidat, behenat, erusat, eicosapentaenat (EPA), dan docosahexaenat (DHA). Kedua senyawa terakhir itulah yang berperan memperbaiki jaringan rusak.
Dari uraian diatas itulah mengapa kita harus mencoba Jelly Gamat untuk Menghilangkan Luka Bakar





Share your views...

0 Respones to "Luka Bakar"

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger