6 Makanan penurun tekanan darah tinggi

Makanan bisa menjadi penyebab naiknya tekanan darah. Uniknya, makanan pula yang bisa menurunkannya. 

Tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang serius. Ada banyak alasan di balik naiknya tekanan darah. Misalnya, stres, asupan garam yang tinggi, dan diabetes. Tekanan darah tinggi bisa jadi pertanda gejala penyakit serius, khususnya jantung. 

Berikut adalah makanan yang dapat membantu menurunkan level tekanan darah, seperti dilansir Boldsky.

1. Buah yang kaya vitamin C. Buah-buahan seperti jeruk, kiwi, cranberry, jambu biji, anggur, dan stroberi merupakan sumber vitamin C. Menurut banyak penelitian, takaran vitamin C yang tepat bisa mengurangi kemungkinan tekanan darah tinggi. 

2. Pisang. Pisang dikenal sebagai makanan penambah energi. Konsumsi 1-2 pisang per hari bisa mengontrol tekanan darah tinggi. Ingat, tidak lebih dari 2!

3. Bayam. Sayuran berdaun hijau ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bayam adalah sumber vitamin C, zat besi, folat dan magnesium. 

4. Bawang putih. Anda bisa mengonsumsi bawang putih secara teratur untuk mencegah penyakit jantung. Bahkan, dia juga ampuh untuk mengendalikan penyumbatan di dalam hati. 

5. Brokoli. Sayuran ini mengandung potasium dan krom, yang terkenal ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Brokoli juga dapat mengontrol kadar gula darah, insulin, dan menyehatkan jantung. 

6. Tomat. Untuk mengontrol tekanan darah tinggi, rajinlah mengonsumsi tomat secara teratur. Tomat memiliki Lycopene (antioksidan) yang bisa mengurangi tekanan darah tinggi secara alami.




Arsip Blog

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger