Mengkudu sebagai Alternatif Obat Herbal Hipertensi


Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi sering kali menjadi pemicu penyakit-penyakit fatal yang mematikan seperti stroke dan serangan jantung. Oleh karena itu, hipertensi dapat menjadi sebuah momok bagi sebagian besar orang. Oleh karena itu, biasanya orang akan mencoba mencari berbagai cara pengobatan hipertensi ini, salah satunya dengan cara mengkonsumsi obat herbal hipertensi. Saat ini, banyak sekali para penderita penyakit atau bahkan mereka yang sehat lebih memilih obat-obatan maupun supplemen yang alami atau sering disebut herbal dari pada obat-obatan yang bersifat kimiawi. Dengan mengkonsumsi obat atau pengobatan secara alami, maka dampak buruk dari pengobatan akan dapat dikurangi, termasuk dalam pengobatan hipertensi yang banyak dialami oleh masyarakat.

Hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, contohnya sebagai akibat dari penyakit lain, kurang berolahraga, diet tidak seimbang, pengaruh berat badan yang tidak seimbang, dan sebagainya. Sebagai indikasi para penderita hipertensi biasanya mengalami rasa lelah berlebihan, pusing, gelisah, serta mual-mual hingga muntah. Penyakit ini tentunya sangat mengganggu. Dengan adanya bantuan obat hipertensi akan membantu menormalkan tekanan darah sehingga keadaan tubuh akan menjadi normal. Berbagai jenis obat herbal hipertensi dapat dipilih selama kita mengetahui dengan pasti bahwa obat tersebut benar-benar alami dan terbukti aman serta tidak mengandung campuran yang dapat mengakibatkan efek buruk pada tubuh.

Dengan adanya animo masyarakat yang tinggi akan obat-obatan herbal, maka tidak heran jika kita banyak menemukan berbagai jenis obat herbal termasuk untuk hipertensi. Jika kita enggan mengkonsumsi obat herbal tersebut dan masih khawatir dengan komposisi yang ada, ada baiknya kita konsumsi langsung dan buat langsung obat herbal hipertensi yang akan kita makan. Salah satu obat alami untuk menormalkan tekanan darah atau menurunkan tekanan darah ialah dengan mengkudu. Adapun bahan-bahan yang akan kita perlukan ialah:
·       Dua buah mengkudu dengan ukuran besar
·       Tiga sendok makan atau lebih madu murni

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, kita dapat memulai membuat obat tradisional atau obat herbal untuk hipertensi, caranya ialah sebagai berikut:
·       Hancurkan mengkudu dengan cara memarutnya hingga lembut.
·       Peras parutan mengkudu dan saring airnya.
·       Jika airnya belum sampai satu gelas, kita dapat memarut mengudu lagi untuk diambil airnya sehingga porsinya sampai dengan satu gelas.
·       Campur air parutan mengkudu dengan madu.
·       Konsumsi madu dan mengudu secara teratur setiap pagi hari dan malam hari, masing-masing satu gelas.

Dengan mengolah sendiri bahan-bahan alami seperti mengkudu sebagai obat herbal hipertensi, kita akan mendapatkan obat yang terjangkau dan aman dikonsumsi. Kita dapat memanfaatkan tanaman obat yang ada disekitar kita, atau kita dapat pergi ke pasar untuk mendapatkannya. Namun, jika kita merupakan orang yang sangat sibuk dan tidak sempat untuk mencari dan meracik sendiri obat alami tersebut, tidak ada salahnya jika kita memilih obat herbal terpercaya yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mengobati hipertensi, seperti obat ekstrak menkudu dan buah lainnya yang sangat baik untuk menormalkan tekanan darah. Namun, pastikan bahwa obat herbal tersebut benar-benar alami dan aman untuk digunakan. Hal yang perlu diperhatikan ketika memilih obat herbal adalah:
·     Adanya BPOM dan izin departemen kesehatan, yang dapat dilihat di kemasan berupa nomer BPOM.
·     Untuk lebih amannya, pilihlah obat herbal yang telah memiliki merk dagang sehingga dapat dipertanggung jawabkan hasilnya.
·     Ketahui proses pembuatannya. Akan lebih baik jika proses pembuatan obat herbal diawasi oleh ahli medis seperti apoteker sehingga tetap higinis dan terjamin keamanannya.

Selain mengkudu yang dapat menjadi pengobatan mujarab hipertensi, kita dapat juga menggunakan tanaman seperti sayuran, buah-buahan, dan sebagainya yang memiliki kandungan obat yang tinggi sebagai cara menurunkan dan menyetabilkan tekanan darah atau sebagai obat herbal hipertensi. Salah satunya ialah buah naga. Buah naga dapat mebantu menstabilkan metabolisme tubuh, sehingga jika kita konsumsi mengkudu dan buah naga secara bersamaan dan teratur, hasilnya akan cukup membantu menyembuhkan hipertensi. Salah satu caranya ialah dengan mengkonsumsi obat herbal dengan kandungan buah mengkudu dan buah naga, seperti Dragon Noni.




Share your views...

0 Respones to "Mengkudu sebagai Alternatif Obat Herbal Hipertensi"

Poskan Komentar

Arsip Blog

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger