khasiat daun cermai dan buahnya


Cermai (Phyllanthus acidus) merupakan jenis buah-buahan yang biasanya dimakan langsung bersama dengan garam atau pun kicap, dan juga dibuat manisan atau aluo (bahasa jawa)
Pokok cermai memiliki tinggi 3-9 meter, daun nya berbentuk bujur telur, tersusun dengan rapi dang selang-seli, pada ranting kecil dan akan terlihat seperti daun majemuk, pujuk dan mudanya berwarna hijau ke kuning-kuningan bercampur dengan sedikit warna merah. Untuk buahnya berbentuk bulat berlekuk-lekuk, dengan warna kuning warna isinya putih dan rasanya masam atau kecut.
Khasiat daun cermai sangat banyak, seperti mengandung air, saponin, karbohidrad, flavonoida, polifenol, tanin, lemak dan serat. Sedangkan untuk buahnya mengandung serat, vitamin C dan mineral. menurut penelitian memakan pucuk daun cermai dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti penawar racun gigitan serangga, lumbago, marawat kulit, sengal-sengal, tekanan darah tinggi dan kangker, sedangkan khasiat buah cermai mampu mengatasi sembelit.
Selain dari itu khasiat daun cermai yang paling populer adalah mampu melangsingkan tubuh, khasiat laksatif yang terkandung dalam daun cermai mampu memperlancar buang air besar, sponin dan tanin yang banyak dikandung daun cermai juga dapat menyerap glukosa dan kolestrol didalam dinding usus. Untuk khasiat daun cermai melangsingkan tubuh dapat diolah dengan cara :
  • Siapkan daun cermai yang masih segar kita-kira satu genggam
  • Cuci sampai bersih
  • Rebus daun cermai tersebut dengan volume air tiga gelas hingga airnya berkurang menjadi dua gelas
  • Biarkan sampai dingin
  • Saring ambil airnya
  • Minum air ramuan tersebut dua kali sehari pagi dan petang
Oke deh demikianlah pembahasan admin khasiat daun alami kali ini tentang khasiat daun cermai dan buahnya, semoga bermanfaat.




Share your views...

0 Respones to "khasiat daun cermai dan buahnya"

Posting Komentar

Arsip Blog

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger