khaisat jahe


Rasa pedas jahe merah memiliki khasiat meredakan nyeri. Sifat hangatnya bisa digunakan untuk meredakan sakit encok dan obat gosok yang panas.
Rimpang jahe merah kurang familiar dibanding jahe putih. Terlebih, jahe putih lebih mudah ditemukan sebagai salah satu rempah dan tanaman obat.
“Jahe merah sekarang sudah mulai banyak yang cari, apalagi banyak produk minuman sari jahe ternyata enak juga,” kata Muhammad Yusni, pemasar produk jahe merah di kompleks Pasar Beringharjo, Jogja, Rabu (12/12/2012).
Dalam catatan produk tertulis, rimpang jahe merah memiliki kandungan senyawa alami gingerol, zingeron, dan shogaol. Kandungan itu berpengaruh sebagai pemberi rasa pedas khas pada jahe merah.
Selain itu, jahe merah mengandung minyak atsiri dan oleoresin. Sifat keduanya hangat dan meredakan rasa sakit. Karena itu, jahe merah bisa juga diolah sebagai obat gosok alami untuk keseleo atau nyeri otot.
“Kalau dicoba ya panas bener, diparut dan ditempelkan yang keseleo atau encok,” kata tukang pijat, Yuniati, di Jl Wates.
Yuniati mengaku sempat memberi terapi kepada penderita keseleo dan nyeri otot. Sebelum memijat terlebih dahulu ia menempelkan parutan jahe yang ditempelkan di bagian yang sakit setidaknya setengah hari. Jika pasien sembuh setelahnya, ia mengaku tidak perlu memijat. ”Tapi biasanya hanya untuk keseleo ringan saja,” lanjutnya.
Di samping melemaskan otot-otot, jahe merah bisa dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dari dalam. Berdasarkan efek farmakologisnya, jahe merah memiliki manfaat melancarkan sirkulasi darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghangatkan tubuh, antiradang dan penambah nafsu makan.
Sebagai minuman kesehatan, jahe merah tidak disarankan diminum penderita maag. Soalnya, kandungan senyawa gingerol yang bersifat hangat akan membuat lambung panas. Sifat yang sama juga perlu dihindari pada perempuan yang sedang hamil.
Sama seperti jahe putih, jahe merah juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk kering. Air jahe merah dengan kandungan minyak yang hangat berguna melancarkan pernapasan dan melegakan tenggorokan. Minuman yang sama juga berguna meredakan pegal-pegal maupun pusing karena kurang sehat.




Share your views...

0 Respones to "khaisat jahe"

Posting Komentar

Arsip Blog

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger