pengobatan mata untuk dewasa



Penyakit mata memang dapat menyerang siapa saja, dari bayi hingga manula. Pengobatan sakit mata pada bayi sudah kita bahas sebelumnya, sekarang saatnya membahas permasalahan sakit mata pada orang dewasa. Berbeda usia, tentu berbeda pula penanganannya. Mata belekan juga terjadi pada orang dewasa. Jika pada orang dewasa, umumnya terjadi karena infeksi virus. Pada beberapa kasus, serangan virus ditunggangi oleh bakteri sehingga menimbulkan infeksi. Gejala awal terjadinya infeksi ini adalah rasa pedih pada mata, selanjutnya mata akan memerah dan bengkak. Jika infeksi yang terjadi cukup serius, maka anda akan mengalami kesulitan dalam mebuka kelopak mata ketika bangun tidur karena banyaknya belek yang menempel di sekeliling kelopak mata anda. Selain itu anda juga merasakan bahwa penglihatan anda menjadi tidak jelas atau kabur seolah mata anda diganjal sesuatu yang rasanya menusuk di mata anda.
Ada dua jenis obat mata yang biasa digunakan, yakni berbentu tetes mata dan salep. Obat yang berupa salep lebih mudah menempel pada cairan selaput lendir mata sehingga mampu bertahan lebih lama. Oleh karena itu obat yang berbentuk salep lebih sering digunakan oleh dokter untuk mengatasi infeksi mata yang termasuk dalam kategori berat. Meskipun demikian, mungkin anda tidak akan menyukai obat mata dalam bentuk salep ini karena akan membuat tidak nyaman dan pandangan mata menjadi kabur. Namun apapun itu, sudah menjadi konsekuensi bagi anda untuk mentaati anjuran dokter dalam menyembuhkan penyakit mata anda. Meskipun gejalanya sama, mungkin saja penyebabnya bisa berbeda, maka pengobatannya berbeda pula. Pada beberapa kasus dokter menambahkan obat untuk diminum, selain salep atau tetes mata.
Ketika anda mengalami gangguan mata, maka sebaiknya anda memperhatikan hal-hal berikut ini:
  • Jangan menyentuh atau mengucek mata dengan tangan karena tangan adalah bagian tubuh yang paling banyak ditempeli kuman penyakit. Jika memang harus menyentuhnya, pastikan tangan anda dicuci dulu dengan bersih menggunakan sabuh dan kaidah mencuci tangan yang benar.
  • Jika mata terasa gatal, jangan digaruk. Cukup gunakan kain yang lembut untuk mengusapnya secara perlahan. Hal ini untuk menghindari mata terluka dan menambah infeksi.
  • Gunakan air hangat untuk melunakkan dan membersihkan belek yang menempel pada kelopak mata anda, terutama saat bangun tidur.
  • Hindari pemakaian riasan atau make up saat mata anda sakit.
  • Jangan menggunakan lensa kontak jika anda terserang penyakit mata.
  • Pastikan mata memiliki waktu istirahat yang cukup dan kurangi intensitas paparan langsung pada sumber cahaya terang seperti televisi atau monitor komputer.
  • Jagalah kontak langsung dengan orang lain sehingga penyakit anda tidak menular.




Share your views...

0 Respones to "pengobatan mata untuk dewasa"

Poskan Komentar

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger