Buah Untuk Diet Baik


Tinggal di negara tropis seperti Indonesia membuat kita dimanjakan dengan aneka buah eksotis nan lezat. Rasanya, tidak masalah menyantap buah-buahan ini dalam porsi jumbo. Benarkah? Di balik fakta sehatnya, beberapa buah ternyata berpotensi menyumbang angka kalori yang cukup signifikan! Buah apa saja itu? Berikut ini ulasan dan rambu-rambu yang sebaiknya Anda patuhi.

AVOKAD

Nutrisi (per 100 gram):
kalori: 168 Kkal
lemak: 16 g
karbohidrat: 5,1 g
protein: 1,5 g
kalium: 385 mg
beta karotena: 165 mikrogram
vitamin C: 12 mg
kalsium: 19 mg
serat: 2,2 g
fosfor: 37 mg
natrium:
 7 mg

Fakta: Lantaran mengandung lemak yang cukup tinggi, buah ini sering dituding sebagai biang keladi kenaikan berat badan. Kalori avokad memang tinggi, karena berasal dari lemak. Namun, sebenarnya, lemak oleat yang dikandung avokad tergolong lemak tak jenuh tunggal. Asam lemak oleat, yang juga dikenal sebagai asam lemak Omega 9 ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Kandungan lemak yang kaya justru membuat vitamin A yang terkandung dalam avokad tidak mudah rusak. Kandungan vitamin A dan C membuat avokad baik sebagai antioksidan, penangkal efek buruk radikal bebas. Kalium berguna menjaga tekanan darah. 

Berapa banyak? Pada saat menyantap avokad, cukupkan dengan satu buah avokad berukuran besar, atau sebanyak 100 gram. 

DURIAN

Nutrisi (per 100 gram):
kalori: 159 Kkal
lemak: 3,9 g
karbohidrat: 28,6 g
serat: 3,6 g
kalsium: 27 mg
fosfor: 41 mg
kalium: 309 mg
beta karotena: 150 mikrogram
vitamin A: 25 mikrogram
vitamin C: 33 mg

Fakta: Sering terjadi salah kaprah bahwa durian akan meningkatkan kolesterol, padahal kolesterol hanya terkandung dalam produk hewani. Malahan, durian menyumbang cukup banyak beta karotena dan vitamin C yang berguna melawan radikal bebas. Namun, yang perlu diperhitungkan adalah kandungan kalori tinggi yang berasal dari karbohidrat dan lemak. Ini bisa meningkatkan gula darah dalam sekejap. Sayangnya, durian yang sangat matang juga mengandung alkohol yang bisa menimbulkan gas di pencernaan dan memicu kepala pusing.

Berapa banyak? Enam butir daging durian. Untuk jenis daging durian montong yang berukuran besar, jumlahnya berkurang menjadi empat butir saja. Mengingat kalorinya yang tinggi, Anda yang sedang menurunkan berat badan  sebaiknya tidak makan sebanyak itu. 

PISANG AMBON & CAVENDISH

Nutrisi (per 100 gram):
kalori: 97 Kkal
protein: 1,3 g
lemak: 0,6 g
serat: 21,6 g
kalsium: 13 mg
fosfor: 19 mg
zat besi: 0,4 mg
kalium: 370 mg
beta karotena: 77 mikrogram
vitamin A: 13 mikrogram
vitamin B1: 0,004 mg
vitamin B2: 0,04 mg
vitamin B3:  0,6 mg
vitamin C: 8 mg

Fakta: Pisang adalah makanan favorit para atlet dan penggemar olahraga. Buah ini bisa 'menyuntikkan' kalori tinggi dengan segera. Kalium dan fosfornya yang tinggi menjaga otot tidak mudah kram dan lelah. Selain itu, kalium yang tinggi baik untuk mengontrol tekanan darah. Seratnya yang tinggi membuat pisang sangat baik dikonsumsi sebagai camilan sehat. Widyakarya Pangan dan Gizi Nasional 2004 antara lain menyimpulkan, kebutuhan seseorang akan serat adalah 19 – 30 g per hari. Pada sebagian orang yang menderita sakit maag, pisang terkadang menimbulkan rasa tak nyaman karena cukup asam.

Berapa banyak? Sebuah pisang berukuran besar. 

MANGGA MANILA

Nutrisi (per 100 g):
kalori: 70 Kkal
karbohidrat: 16,4 g
serat: 2,2 g
beta karotena: 1.165 mikrogram
vitamin A: 194 mikrogram
vitamin C: 46 mg
fosfor: 19 mg
kalsium: 10 mg

Fakta: Dengan keunggulan nutrisinya, mangga termasuk buah yang dapat menjaga kesehatan jantung. Beta karotena yang tinggi akan melawan radikal bebas yang membuat pembuluh darah kaku dan tersumbat, sehingga bisa menurunkan risiko sakit jantung. Mangga juga kaya akan pro-vitamin A, yang di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A. Mangga juga mengandung banyak vitamin C yang baik dalam menjaga imunitas tubuh. Makan mangga terlalu banyak terkadang bisa membuat perut mulas. 

Berapa banyak? Satu buah mangga yang besar. (100 gram) 

APEL

Nutrisi (per 100 g):
kalori: 63 Kkal
karbohidrat: 14,4 g
kalium: 83 mg
beta karotena: 86 mikrogram
vitamin A: 14 mikrogram
serat: 2 g
vitamin C: 2 mg

Fakta: Buah yang paling populer sebagai buah tersehat ini, kalau dibandingkan buah yang lain malah terkesan tidak spektakuler. Namun, apel memang ideal untuk   camilan sehat, karena apel memiliki angka GI (glycemic index) yang rendah. Artinya, saat di dalam tubuh, apel tidak menaikkan gula dalam darah secara drastis,  sehingga  cocok untuk penderita diabetes. Kandungan air yang banyak pada apel menimbulkan rasa cepat kenyang, sehingga cocok bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan. Tetapi, hati-hati, konsumsi apel yang terlalu banyak bisa membuat Anda kembung. Penderita penyakit maag mungkin akan merasa tak nyaman, jika makan apel saat perut sangat kosong.   

Berapa banyak? Cukup 100 gram, atau satu buah apel berukuran sedang.

SAWO

Nutrisi (per 100 g):
kalori: 85 Kkal
karbohidrat: 19,2 g
protein: 0,5 g
serat: 8,1 g
kalsium: 30 mg
fosfor: 12 mg
zat besi: 12 mg
natrium: 22 mg
kalium: 94 mg
beta karotena: 95 mikrogram
vitamin A: 16 mikrogram
vitamin C: 12 mg

Fakta: Buah lokal yang satu ini mungkin kurang terkenal dibandingkan mangga misalnya. Padahal, kandungan seratnya kaya, yang berarti sawo baik untuk kesehatan pencernaan. Sawo juga sumber zat besi yang baik. Jumlah zat besi yang disarankan bagi wanita dewasa dalam Widyakarya Pangan dan Gizi 2004 adalah sekitar 26 mg. Mengingat kalori yang dikandungnya tinggi, jangan makan terlalu banyak agar tak mengganggu diet. 

Berapa banyak? Dua buah sawo ukuran besar (100 gram). 

ANGGUR MERAH

Nutrisi (per 100 g):
kalori: 55 Kkal
karbohidrat: 12, 9 g
protein: 0,6 g
serat: 1,1 g
kalsium: 20 mg
fosfor: 21 mg
zat besi: 0,8 mg
natrium: 11 mg
kalium: 136 mg
beta karotena: 21 mikrogram
vitamin A:  2 mikrogram
vitamin C: 5 mg

Fakta: Selain komposisi nutrisi itu, anggur merah juga kaya akan senyawa flavonoid, yang bersifat antioksidan dan menjaga kelenturan pembuluh darah. Banyak penelitian membuktikan bahwa anggur merah yang difermentasi (wine) dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Ingat, konsumsi anggur secara bijak, jangan terlalu banyak, apalagi saat perut kosong. Ini akan menimbulkan rasa tak nyaman. 




Share your views...

0 Respones to "Buah Untuk Diet Baik"

Poskan Komentar

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger