Pohon Ramping Pengusir Nyamuk

KOMPAS.com — Tak perlu gunakan cairan atau zat kimia pembasmi serangga. Gunakan cara alami, tanami taman dengan pohon kayu putih.
Sebagain besar dari Anda tentu setuju bahwa taman atau kebun sering kali menjadi sarang serangga. Bahkan, konon nyamuk taman dan kebun lebih "sadis" daripada nyamuk di rumahan. Tak heran, sering kali timbul bentol lebih besar dan lebih gatal pada kulit, setelah tubuh digigit nyamuk kebun.
Guna mengurangi jumlah nyamuk pada kebun, terlebih kebun yang sangat rimbun dan rindang, banyak cara bisa dilakukan. Yang paling umum dan instan, banyak orang menggunakan obat kimia pembasmi serangga. Ada yang dalam bentuk cair untuk disemprotkan, ada yang dibakar. Cara ini mungkin efektif, walau sebetulnya  tidak berpotensi bahaya dan tidak ramah lingkungan. Bau dan asap yang ditimbulkannya dapat berpengaruh negatif terhadap kesehatan makhluk hidup lainnya. Api pada obat nyamuk bakar dapat menimbulkan kebakaran.
Selain cara instan di atas, ada juga cara alami dan lebih ramah lingkungan. Salah satunya dengan menanam tanaman penangkal nyamuk. Misalnya pohon kayu putih. Pohon ini memiliki aroma daun yang dapat menghalau nyamuk, seperti aroma minyak kayu putih, yang sering kali dioleskan di kulit, untuk menghindari gigitan nyamuk.
Sebagai sebuah pohon, kayu putih tergolong tanaman yang eksotik. Batangnya berwarna coklat muda. Kulit-kulit pohonnya banyak yang terkelupas. Tampilan ini dapat membuat taman tampil eksotik.
Nah, jika berminat menanamnya, pohon berbatang ramping, dapat pula ditanam di taman dengan ukuran tak begitu luas. Namun, ketika menanamnya, perhatikan lokasinya. Jangan menanam kayu putih di pinggir dinding tembok atau di bawah jaringan kabel listrik. Kayu putih merupakan tanaman keras dan memiliki perakaran kuat sehingga ada kemungkinan dapat merusak fondasi dinding yang berada dekat dengannya. Sementara itu, sosok tanaman yang tinggi menjulang dapat mengganggu keberadaan kabel listrik.
O ya. Jika tanaman sudah besar, bau harum kayu putih dapat tercium darinya. Namun, rajin-rajinlah membersihkan dedaunan yang rontok. Jaga agar taman tetap bersih dari guguran daun kayu putih. (www.ideaonline.co.id / Anissa)




Share your views...

0 Respones to "Pohon Ramping Pengusir Nyamuk"

Poskan Komentar

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger