Mengkatkan Daya Ingat dengan Teh Pegagang

Pegagan bernama Latin Centella asiatica L. Orang Jawa menyebutnya antanan atau ganggagan, sedangkan orang Sunda menamainya antanan gede.
KOMPAS.com Supaya jauh dari pikun dan senantiasa memiliki otak yang sehat, coba buat ramuan dari pegagang. Menurut Kampoeng Djamoe Organik milik Martha Tilaar Group, ramuan dari pegagang bisa bantu tingkatkan daya ingat dengan memberi nutrisi yang dibutuhkan, mengatasi pikun, dan memperlancar peredaran darah.

Centella asiatica atau pegagang bisa ditanam dengan stek batang atau dengan merambatkan tanaman di tanah supaya setiap ruas akan keluar akar dan bisa dipotong lalu ditanam. Cara tanam bisa dilakukan di pot atau halaman rumah dengan menggemburkan tanah terlebih dulu, kemudian dicampurkan pupuk kandang atau pupuk kompos organik. Bibit tanaman ditanam dan disiram. Setelah berumur 3 bulan, tanaman dapat dipanen dengan cara dicabut dan dimanfaatkan untuk pembuatan teh atau ramuan lainnya. Lakukan pemupukan selalu dengan pupuk kompos organik setiap tiga bulan sekali atau setelah panen.

Berikut ini resep teh pegagang dari Kampoeng Djamoe Organik:

Bahan:

1,5 g (1 sdt) teh, sebaiknya menggunakan teh hijau bersih
2 g (1 sdm) pegagang kering bersih

Cara pembuatan:

1. Masukkan bahan ke dalam gelas.
2. Seduh dengan 1 cangkir (100 ml) air panas (seperti membuat teh), biarkan 10 menit.
3. Saring dan siap untuk diminum.
4. Lakukan 3 hari sekali.




Share your views...

0 Respones to "Mengkatkan Daya Ingat dengan Teh Pegagang"

Poskan Komentar

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger