Berbau Harum, Berkhasiat sebagai Obat



Siapa tak kenal Kaca Piring. Bunga putih ini kerap kali mempercantik dan mengharumkan taman dan halaman.
KOMPAS.com - Tanaman asal Cina ini sudah sejak lama ditanam di Indonesia. Bunganya berwarna tunggal, hanya putih. Kaca Piring termasuk tanaman perdu tegak. Daunnya rimbun, dapat menambah asri taman di rumah. Tak hanya itu, aromanya juga luar biasa harum.

Selain harum, mungkin tak banyak yang tahu, bahwa daun Kaca Piring berkhasiat obat. Kaca piring bisa menyembuhkan beberapa penyakit, seperti diabetes, demam, hingga sariawan. Untuk diabetes misalnya, siapkan saja 12 lembar daun Kaca Piring. Rebus dalam dua gelas air hingga mendidih, hingga air terisisa setengahnya. Minum secara rutin setiap hari.

Tanaman bernama latin Gardenia Jasminoides ini biasa tumbuh dengan ketinggian kurang lebih 1m-1,5m. Bunganya tunggal dan bertangkai pendek. Sedangkan daunnya hijau pekat, berbentuk lonjong meruncing di ujung dan pangkalnya. Berminat menanamnya? Tidak sulit kok.

Kaca Piring dapat tumbuh subur pada area yang terbuka dan mendapat sinar matahari langsung. Di tempat teduh, meskipun masih bisa tumbuh, namun pertumbuhannya lebih lambat. Selain itu, lebih sulit berbunga.

Untuk pertumbuhannya, Kaca Piring membutuhkan media tanam yang lembap. Tapi, jangan sampai tergenang air. Hal ini bisa menyebabkan akarnya membusuk. Jadi, lakukan penyiraman seperlunya saja. Jangan terlalu sering. Sesuaikan dengan kebutuhan media tanamnya. Artinya, siram hanya ketika media tanamnya mengering. Untuk memperbanyaknya, bisa digunakan stek batang.




Share your views...

0 Respones to "Berbau Harum, Berkhasiat sebagai Obat"

Posting Komentar

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger