Manfaat Dan efek Samping amoxycillin


Amoxycillin merupakan salah satu jenis antibiotik golongan penicillin yang efektif terhadap beberapa bakteri baik gram positif maupun gram negatif yang menginfeksi manusia. Ada beberapa bentuk sediaan obat amoxycillin ini, yaitu serbuk yang dikapsul, tablet, cairan yang diminum yaitu sirup kering, atau cairan yang disuntikkan melalui infus.
Dosis obat amoxycillin bentuk tablet adalah 500 mg, sediaan kapsul ada yang 250 mg dan 500 mg, untuk sediaan sirup kering adalah 125mg/5ml dan 250 mg/5ml, sedangkan bentuk sediaan cairan untuk injeksi adalah 500 mg dan 1000 mg. Amoxycillin efektif terhadap beberapa bakteri di antaranya adalah golongan Staphylococcus, Enterococcus, Sterptococcus, S. Pneumoniae, N gonorrhoeae, H. Influenzae, E. Coli, dan P mirabilis.
Cara kerja obat amoxycillin ini dalam membunuh bakteri yaitu tidak secara langsung, namun dengan cara mencegah bakteri membentuk kapsul. Kapsul ini menyelubungi seluruh bagian bakteri yang akan melindunginya dari keadaan-keadaan yangdapat membunuhnya, misalnya sel antibodi dari orang yang diinfeksinya atau yang lainnya. Ketika keadaan tidak memungkinkan maka bakteri ini akan diam saja (pasif) di dalam kapsulnya, namun ketika keadaan tubuh inang melemah maka bakteri akan bangun dan mulai beraktifitas kembali. Dengan kegagalan bakteri membentuk kapsul maka bakteri tidak dapat bertahan lama dalam tubuh inangnya sehingga akan mati.
Obat ini merupakan antibiotik yang paling banyak dan sering digunakan oleh masyarakat. Beberapa manfaat amoxycillin ini adalah: mengobati infeksi saluran pernafasan kronik maupun akut (misalnya pneumonia, bronkitis, faringitis, laringitis), infeksi pada gendang telinga, infeksi saluran kencing (misalnya uretritis, sistitis, pielonefritis), infeksi kulit karena bakteri, disentri karena E. Coli, gonorrhoe, septikemia, dan endokarditis.
Sedangkan efek samping amoxycillin di antaranya adalah: alergi, ruam pada kulit, gatal-gatal pada kulit dan wajah, diare berair, gangguan tidur/susah tidur, wajah bengkak, dada terasa seperti terbakar, mual, muntah, gelisah, perut terasa nyeri, masalah pernafasan, urin berwarna gelap, rasa lelah dan lemah, mata dan kulit berwarna kuning, pusing, sakit kepala, dan perdarahan/memar yang tidak biasa.

One Response

  1. says:
    saya selalu minum amoxilin 500gram krn infeksi saluran kencing,
    efek samping yg saya rasakan seperti gatal2 dan buang air besar yg sulit, bagaimana jika saya mau berenti minum amoxilin apakah infeksi yg saya alami ini akan bahaya atau tidak jika saya berenti mengkonsumsinya
    terima kasih




Share your views...

0 Respones to "Manfaat Dan efek Samping amoxycillin"

Poskan Komentar

 

asdsadas

About Me

Popular

© 2011 belajaran Farmasi

This blog run on iThesis Theme & hosted by Blogger